TED : Technology, Entertainment and Design

TED : Technology, Entertainment and Design

oleh Beta Ismawan (https://squirrelconsulting.wordpress.com)

Bagi Anda yang sering menelusuri mesin pencari Google untuk menemukan sumber-sumber referensi bermutu mengenai bisnis maupun teknologi, cepat atau lambat Anda akan menemukan situs TED.com. 

TED.com adalah fenomena menarik. Sebuah sebuah bisnis, TED bergerak sebagai event organizer untuk seminar-seminar dengan topik terkini di tiga bidang, yaitu teknologi, entertainment, dan desain. Lebih uniknya lagi, tidak seperti seminar yang biasanya diselenggarakan secara gratis, TED justru menyeleksi peserta dan anggotanya. Tidak semua orang bisa menjadi member TED dan boleh hadir.

Intinya, Anda punya uang, belum tentu Anda bisa hadir di seminar TED. Yang boleh menjadi audience adalah mereka yang dianggap oleh TED merupakan leader di bidangnya dan mampu memberikan kontribusi topik seminar apa yang dipilih. Biaya member reguler $2000 per tahun, sedangkan member elit yang disebut patron member biayanya $10.000 per tahun. Angka yang fantastis, namun biaya sebesar itu Anda dapat hadir di rangkaian seminar TED sepanjang tahun. Seminar itu disebut TED sebagai “TED conferences”.

OK, mungkin jika biaya sebesar itu terlalu tinggi, Anda tetap dapat melihat secara streaming dan bahkan men-download  video seminar tersebut secara gratis. Pakar yang berbicara sangat beragam, namun berbagai nama besar misalnya Al Gore, Malcolm Gladwell, Seth Godin, Chris Anderson (penulis The Long Tail), dan masih banyak lainnya. Topik yang ada pun banyak sekali macamnya, tapi selalu berkisar teknologi, entertainment dan desain. 

TED.com boleh dibilang seperti YouTube juga, menyediakan content yang berkualitas tinggi, sehingga kita sebagai marketer dan manajemen mendapatkan berbagai input terkini, gratis. Cukup dari laptop kita saja. Tampaknya era penyebaran informasi dengan biaya sangat rendah memang benar-benar telah tiba, sehingga kita sendirilah marketer yang harus belajar sekuat-kuatnya. Beberapa video TED yang pernah saya download memang sangat strategis isinya dan membuat kita mampu memikirkan ulang arah bisnis kita. Silakan Anda coba browse dan temukan video yang Anda sukai topiknya.

Bisnis yang unik dan hebat, sekaligus  juga sumber referensi isu terkini yang sangat inovatif, itulah TED.com. 

———————————————

perhatian : dilarang meng-copy artikel ini tanpa ijin tertulis dari Squirrel Consulting.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: